faridahf08's blog

mencari dan memberi yang terbaik

What Is IKK????

June18

IKK is Ilmu Keluarga dan Konsumen
Building Human Capital, fot the better live
Itu lah moto kami…,,membangun sumberdaya yang berkualitas bagi kehidupan yang lebih baik
Ilmu keluarga dan konsumen merupakan salah satu jurusan di Institut Pertanian Bogor yang berada di bawah Fakultas Ekologi Manusia. Ilmu keluarga dan konsumen atau yang akrab kita sebut dengan IKK merupakan satu-satunya jurusan yang ada di Indonesia dan ketiga se Asia Tenggara.
Sebenarnya keberadaan departemen ini di universitas dapat dinilia agak terambat, mengingat di Amerika telah banyak jurusan yang berfokus pada keluarga sejak 30 tahun yang lalu. Indonesia sudah tertinggal sangat jauh. Tapi taka pa lah, lebih baik terlambat dari pada tiak sama sekali bukan? Hehe
Nah, sekarang saya akan memaparkan secara ringkas tentang IKK (disadur dari leaflet IKK)
Keluarga mememgang peranan yang sangat penting dalam pembangunan kualitas sumber daya manusia. Praktek pengasuhan anak pada usia dini sangat menentukan perkembangan dan kualitas anak pada masa dewasa.
Sebagai suatu unit ekonomi, keluarga melakukan berbagai fungsi, seperti alokasi sumberdaya, produksi barang dan jasa (market and non market commodities), distribusi produk antar anggota keluarga, dan konsumsi produk untuk mencapai tingkat kesejahteraan.
Dalam menjalankan fungsi tersebut, kelurga bertinda sebagai suati unit produksi (produsen) sekaligus sebagai unit konsumsi (konsumen). Perilaku keluarga dalam upaya memaksimalkan kepuasan tentunya tidak lepas dari aspek menejemen sumberdaya dan perilaku konsumen.
Dalam era globalisasi, peran keluarga menjad sangan menentukan dan strategis dalam pembangunan kualitas sumberdaya manusia. Keluarga mengahadapi tantangan yang besar dalam memlihara eksistensi dan menjalankan fungsinya untuk mencapai tingkat kehidupan yang lebih baik. Depatemen IKK memiliki tanggung jawab untuk menyiapkan tenaga sarjana yang mampu menjawab tantangan tersebut dan menajdikan keluagra Indonesia dapat meningkatkan kesejahteraannya. (waduh ternyata berat juga ya tugas kita sebagai seorang sarjana IKK,,,mmmmmm…harus lebih giat lagi dalam belajar dan mendalami semua mata kuliahnya,,,hehe..SEMANGAT)
Mandat dari IKK adalah mengembangkan ilmu keluarga dan teknologi di bidang keluarga dan konsumen untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga dengan memfokuskan pada aspek pemembangan kualitas anak serta pemberdayaan keluarga dan konsumen.
Ada beberapa prospek kerja lulusan IKK yang memiliki kompetensi dalam :
1. Memahami teori keluarga, tumbuh kembang anak, serta ekonomi keluarga dan konsumen dalam meuwujudkan kesejahterana keluarga
2. Menganalisis upaya pemberdayaan keluarga dan konsumen, serta upaya peningkatan kualita anak dalam emwujudkan kesejahteraan keluarga
3. Menerapkan kemampuan teknis dan manajerial dalam upaya peningkatan kualitas anak, kesejahteraan keluarga dan pemberdayaan konsumen.
Gelar yang akan diperoleh setelah menyelesaikan semua perkuliahan adalah Sarjana Ilmu Keluarga dan Konsumen. Tapi ada gossip kalau gelanya akan diganti, entahlah, belum ada kejelasan.
Ada beberapa kompetensi lulusan IKK diantaranya adalah :
1. Perusahaan jasa konsultan di bidang keluarga, tumbuh kembang anak dan pemberdayaan wanita
2. Pendidik dan pengelola pendidikan anak usia dini dan anak usia sekolah
3. Tenaga akademik dan peneliti di bidang keluarga, tumbuh kembang anak dan konsumen
4. Spesialis riset pemasaran dan konsumen, serta penaganan “consumer service’
5. Pengelola program bidang pemberdayaan keluarga dan consume serta tubuh kembang anak di LSM dan lembaga pemerintah

nah, itu sekilas tentang IKK
mau tahu lebih lengkaP???
dateng aja ke IPB…
atau lebih bagusnya lagi
ambil Jurusan IKK
hehehhe
promosi kembali

posted under Academic

Comments are closed.