faridahf08's blog

mencari dan memberi yang terbaik

Kaitan IT dengan IKK

June18

Keterkaitan antara Teknologi Informatika dengan Bidang Ilmu Keluarga dan konsumen
Serta Pemanfaatannya di Dunia Kerja

Apasih kaitannya Teknologi Informatika dengan ilmu kita..(terutama buat anak Ilmu keluarga dan Konsumen)??
Ketika kita bicara tentang teknologi informatika atau informasi pasti tak jauh dari berbagai alat atau cara yang dapat mempermudah kita untuk melakukan dan mengerjakan sesuatu. Salah satunya adalah komputer. Komputer yang merupakan alat elektronik yang bekerja di bawah instruksi yang disimpan dalam memorinya memiliki tugas untuk memroses data menjadi informasi yang mempunyai arti bagi penggunanya. Komputer sangat lekat dengan teknologi ini, perkembangannya pun sangatlah pesat dan terus menuju ke arah yang semakin canggih dapat memberikan kemudahan kepada manusia sebagai konsumennya.
Sebagaimana teknologi yang memberikan pengertian segala sesuatu yang membuat atau mempermudah kerja manusia, maka komputer sangat tepat termasuk ke dalam kategori ini, tentunya berbagai jenis alat atau mesin lain pun termasuk kedalamnya. Program-program yang ada di dalamnya seperti program untuk mengolah data, penghitungan, penyimpanan, dan lain-lain sangat lah diperlukan dan harus dipelajari sebagai salah satu alat pendukung dalam ilmu keluarga dan konsumen.
Kenapa???? Karena sebagai mahasiswa ilmu keluarga dan konsumen (begitu pun bidang ilmu lainnya) sangatlah penting untuk bisa menguasai program-program dasar dalam menggunakan komputer. Karena dengan semua itu dapat memudahkan mahasiswa dalam memunuhi tugas-tugasnya, baik itu tugas kuliah, pratikum, organisasi, spripsi dan sebagainya.
Apalagi kelak jika tengah menyusun skripsi dan mengolah data penelitian yang telah kita lakukan, kita sangatlah memelukan teknologi informatika ini. Karena teknologi memang dibuat untuk memudahkan kita, sehingga sepatutnya kita bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.
Selain itu dengan semakin canggihnya teknologi infromatika, kita juga diberi kemudahan dalam mencari referensi-referensi yang kita butuhkan. Dengan pelayanan internet yang super canggih, kita dapat memperoleh berbagai nformasi yang sangat berguna dan membantu. Dengan kemapuan kita menguasai komputer, kita bisa membuat program atau merancang berbagai macam hal yang dapat membantu dalam hal keluarga, pendidikan, konsumen, anak dan sebagainya. Sehingga proses perkembangan kualitas keluarga, anak dan konsumen di Indonesia itu dapat bergerak dengan lebih lancar.
Setalah nanti kita lulus adari perguruan tinggi kemapuan dasar dalam bidang ilmu informatika ini dapat secara langsung kita aplikasiakn dalam berbagai bidang. Baik itu jika kita akan bekerja di suatu perusahaan, pemerintahan, mauapun ketika kita berwirausaha sendiri. Manfaat penguasaan itu akan sangat terasa. Apalagi di zaman modern seperti ini, kita akan disebut gagap teknologi atau kampungan jika kita tidak dapat mengoperasikan komputer, misalnya.
Dengan ilmu tersebut kita juga akan diberi kemudahan dalam mengolah berbagai informasi, data dan mengembangkan berbagai usaha. Diantaranya ketika kita dihadapkan dengan berbagai macam urusan formal yang rata-rata harus dibuat secara rapid an sistematis. Mungkin kita bisa membuatnnya memakai tulisan tangan, namu hal itu akan tidak maksimal. Lebih mudah dan lebih bagus lagi apabila kita memanfaatkan komputer untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.
Banyak hal lain yang dapat kita ambil manfaatnya, terutama ketika kita telah beranjak ke duani kerja. Saya meiliki cita-cita untuk menajdi seorang konsultan anak dan keluarga. Dengan bantuak ilmu informatika pekerjaan saya akan terbantu selain akan mempermudah menyimpanan arsip orang-orang yang berkonsultasi kepada saya. Saya juga bisa emmanfaatkan layanan internet untuk berkomunikasidan sharing dengan mereka yang berada di lokasi yang cukup jauh. Kami juga bisa salaing bertukar informasi dengan para konsultan lain dan membuat sebuah komunitas agar dapat mengembangkan dunai keluarga dan anak.
Dengan adanya teknologi informatika kami juga dapat menyimpan data based dan segala hal yang rahasia dari para responden kami dengan aman. Kami juga bisa memberikan berbagai film atau video motivasi kepada mereka yang dapat dibuat dan dioperasikan oelh teknologi yang ada. Sehingga para respondenn tidak merasa bosan dengan hanya berkonsultasi secara taap muka.
Selain itu saya juga ingin memilki sebuah sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar yang difasilitasi oleh teknologi yang bagus. Sehingga pengajar bisa terus mengembangkan kemampaunnya dalam dunia pendidikan dan dalam mengembangkan kemampuan anak-anaknya.
Sebagai contohnya kelak saya ingin mempunya ruang kelas dan lingkunggan yang difasilitasi oleh kamera CCTV yang langsung terhubung ke ruang Kepala Sekolah, TU, Satpam dan mungkin ke rumah para orang tua murid yang bersekolah di tempat saya. Sehingga selain dapat memonitor danmelihat bagaimana proses belajar yang dilakukan anak, guru dan orang-orang yang terlibat dalam pembelajaran tersebut. Sehingga jika terjadi pelanggaran hak atau melecehan yang dilakukan oleh guru terhadpa anak didiknya dapat segera diketahui dan dapat diatangani secara cepat dan tepat.
Dengan teknologi yang semakin canggih, juga dapat memberikan berbagai macam sarana pembelajaran yang lebih kreatif. Misalnya dengan materi yang ditampilkan secara multimedia sehingga anak tidak jenuh dan bosan. Anak juga diberikan simulasi bermain lewat komputer, musik, video dan berbagai hal lainya yang diharapakan akan dapat semakin meningkatkan kecerdasan anak.Para pengajar juga diharapakan dapat menggunakan sarana informatika untuk media evaluasi anak, peningkatan mutu anak dan dirinya sendiri. Oleh karena itu amatlah penting dan bermanfaat bagi kita sebagai calon penggerak pembaharuan untuk memperbaiki duni kehidupan dan dunia anak dan keluarga untuk mempelajari informatika.

posted under Academic

Comments are closed.